Tuesday, April 28, 2020

Cara Memupuk Cengkeh Menggunakan Mecin


Hanya Sebuah Blog Biasa - Cengkeh adalah kuncup bunga kering yang harum khas keluarga Myrtaceae. Tanaman ini adalah tanaman asli Indonesia dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Cengkeh juga digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan rokok kretek.

MSG (monosodium glutamate), atau lebih dikenal dengan micin, lebih dikenal sebagai bahan penyedap untuk memasak atau membuat rempah-rempah. Ajinomoto adalah salah satu bentuk MSG termudah untuk ditemukan di pasar.

Namun, ternyata MSG juga dapat digunakan sebagai solusi untuk pupuk cair. Kandungan natrium dan bahan-bahan lain dalam ajinomoto tampaknya bermanfaat untuk tanaman dan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang cara menanam cengkih dengan ajinomoto:

Manfaat menanam cengkih dengan ajinomoto



Menanam cengkeh ajinomoto yang banyak mengandung MSG atau sodium sebenarnya banyak manfaatnya bagi tanaman cengkeh ini.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Ajinomoto sebagai pupuk untuk tanaman cengkeh:



  • Cengkeh akan dapat tumbuh lebih cepat karena mereka mendapatkan nutrisi yang diperlukan dari Ajinomoto dan menghindari kemungkinan penyakit kerdil. Cara menyuburkan tanaman dengan micin bisa dilakukan.
  • Kandungan natrium dalam ajinomoto membantu tanaman cengkeh menjadi lebih sehat dan lebih subur. Ini memiliki efek bahwa tanaman tidak rentan terhadap penyakit
  • Cengkeh subur dengan bantuan Ajinomoto dapat tumbuh lebih cepat.
  • Tanaman cengkeh dapat panen lebih cepat dan lebih sering karena berbunga cepat dan mudah jika pupuk ajinomoto diberikan secara teratur
  • Ajinomoto memiliki bahan yang dikenal sepenuhnya ramah lingkungan, sehingga juga tidak membahayakan lahan benih cengkeh yang menerima pupuk ajinomoto.
  • Cara dan instruksi untuk menanam cengkih dengan ajinomoto



Berikut ini penjelasan tambahan tentang cara dan instruksi menanam cengkih dengan ajinomoto:



  1. Larutkan bubuk ajinomoto yang telah disiapkan dalam air putih atau jernih.
  2. Kocok larutan ajinomoto sampai bubuknya bisa tercampur merata di dalam air.
  3. Tuang larutan pupuk ajinomoto ke dalam tanaman cengkeh. Pemupukan dapat dimulai 30 hari setelah penanaman bibit. Jika tanaman diterapkan terlalu cepat, pupuk ajinomoto dapat menyebabkan tanaman menguning, batang menjadi mudah rapuh dan daun menjadi klorosis.
  4. Larutan pupuk Ajinomoto diberikan sebanyak seminggu sekali, secara bergantian atau alternatif dengan jenis pupuk lain sehingga cengkeh bisa mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan.
  5. Dosis atau ukuran untuk menanam cengkeh dengan ajinomoto


Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan pupuk ajinomoto, dosis atau dosis juga harus dipertimbangkan secara memadai.


Berikut ini adalah dosis yang direkomendasikan atau dosis pupuk ajinomoto untuk cengkeh:



  • Larutkan 5 paket besar MSG ajinomoto dalam 10 liter air. Anda dapat menemukan Ajinomoto ini dengan mudah di supermarket, toko kelontong, supermarket, dan warung makan. Anda bisa melihat cara menggunakan pupuk herbafarm pada cengkeh
  • Ukuran Ajinomoto bervariasi mulai dari 500 gram, 50 gram dan 10 gram. Lebih disukai, semakin tua tanaman, semakin besar ukuran Ajinomoto yang digunakan
  • Selama pemupukan, tanaman cengkeh dapat menerima 100 ml atau setengah gelas larutan pupuk ajinomoto.
  • Solusi pupuk cengkeh Ajinomoto dapat diberikan hingga seminggu sekali. Agar tanaman mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, pupuk ajinomoto ini dapat diberikan secara bergantian atau alternatif dengan pupuk jenis lain.


Karena itulah penjelasan budaya cengkih dengan ajinomoto. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu Anda.

No comments:

Post a Comment